image image image image image

Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman

Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman - Salam sukses buat anda sekalian, selamat datang di blog JASA TUKANG TAMAN TUBAN - TUBANASRI, Sebagai media informasi dan edukasi tentang berbagai tanaman hias dan bunga yang ada di Indonesia. Mungkin anda membutuh referensi tentang Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman, yang anda butuhkan pada saat ini, Sehingga dapat menambah wawasan anda tentang Artikel Tanaman Hias, Dengan harapan tulisan artikel kami ini bisa bermanfaat bagi anda. Silahkan anda lanjutkan untuk membacanya.

Baca juga


Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman

Jasa Tukang Taman Tuban - Tubanasri



Jenis Tanaman penutup tanah adalah tumbuhan atau tanaman yang memang mempunyai tujuan dan manfaat yang khusus ditanam untuk melindungi tanah dari ancaman  kerusakan yang datang dari erosi atau bisa berguna untuk memperbaiki sifat kimia dan sifat fisik tanah.

Adapun Tanaman penutup tanah mempunyai beberapa fungsi peran antara lain:
(1) Dapat menahan atau mengurangi daya tekan detikan hujan yang jatuh atau juga aliran air yang deras di atas permukaan tanah,
(2) Dapat menambah bahan organik tanah dari batang, ranting dan daun yang telah mati
(3) melakukan transpirasi, yang mengurangi kandungan air tanah.


Peranan tanaman penutup tanah tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan dispersi air hujan, mengurangi jumlah serta kecepatan aliran permukaan dan memperbesar infiltrasi air ke dalam tanah, sehingga mengurangi erosi.

Jasa Tukang Taman Tuban - Tubanasri 
Ada beberapa jenis tanaman penutup menurut tingkatannya. antara lain :

1.Jenis tanaman penutup tanah rendah,
yang meliputi beberapa pola penanaman tanaman tersebut yaitu :

a. Dipakai dalam pola pertanaman rapat: Calopogonium muconoides Desv, Centrosema pubescens Benth, Mimosa invisa Mart, Peuraria phaseoloides Benth. 

b. Digunakan dalam pola pertanaman barisan: Eupatorium triplinerve Vahl (daun panahan, godong, prasman, jukut prasman), Salvia occidentalis Schwartz (langon, lagetan, randa nunut), Ageratum mexicanum Sims. 

c. Digunakanuntuk penguat teras dan saluran-saluran air: Althenanthera amoena Voss (bayem kremah, kremek), Indigofera endecaphylla jacq (dedekan), Ageratum conyzoidesL (babandotan), Erechtites valerianifolia Rasim (sintrong), Borreria latifolia Schum (bulu lutung, gempurwatu), Oxalis corymbosa DC, Brachiaria decumbens, Andropogon zizanoides (akar wangi), Panicum maximum (rumput benggala), Panicum ditachyum(balaban, paitan), Paspalum dilatum (rumput Australia), Pennisetum purpureum (rumput gajah) .

2.Jenis Tanaman Penutup Tanah sedang (perdu)
Mempunyai beberapa pola penanaman yang baik menurut kami Tukang Taman Tuban antara lain :

a. Dipakai dalam pola pertanaman teratur di antara baris tanaman pokok: Clibadium surinamense var asperum baker, Eupatorium pallessens DC (Ki Dayang, Kirinyuh)

b. Digunakan dalam pola pertanaman pagar: Lantana camara L (tahi ayam, gajahan, seruni),Crotalaria anagyroides HBK, Tephrosia candida DC, Tepherosia vogelii, Desmodium gyroides DC (kakatua, jalakan). Acacia villosa Wild (lamtoro merah), Sesbania grandifloraPERS (turi), Calliandra calothyrsus Meissn (kaliandra merah), Gliricidia maculata (johar cina, gamal), Flemingia congesta Roxb, Crotalaria striata DC., Clorataria juncea, L.Crotalaria laurifolia Poir (urek-urekan, kacang cepel),  Cajanus cajan Nillst (kacang hiris, kacang sarde)  dan Indigofera arrecta Hooscht.


c. Penggunaan di luar areal pertanaman utama dan merupakan sumber pupuk hijau dan mulsa,  untuk penghutanan dan perlindungan dinding jurang: Leucaena glauca (L) Benth (pete cina, lamtoro, kemelandingan), Tithonia tagetiflora Desp, Graphtophyllum pictum Gries (daun ungu, handeuleum), Cordyline fruticosa Backer, Eupatorium riparium REG.

3.Dan yang terakhir adalah Tanaman penutup tanah tinggi atau tanaman pelindung :
Mempunyai pola dalam penanaman sebagai berikut :

a. Digunakan dalam pola teratur di antara baris tanaman utama: Albizia falcata (sengon laut, jeunjing), Grevillea robusta A Cum, Pithecellobium saman benth (pohon hujan), Erythrina sp (dadap), Gliricidia sepiumb

b . Dipakai dalam barisan: Leucaena glauca atau Leucaena leucocephala 
c. Penggunaan untuk melindungi jurang, tebing atau untuk penghutanan kembali: Albizia falcata dan Leucaena glauca, Albizia procera Benth, Acacia melanoxylon, Acacia mangium, Eucalyptus saligna, Cinchona succirubra, Gigantolochloa apus (bambu apus),Dendrocalamus asper, Bambusa bambos.

Namun banyak pula jenis tanaman perdu yang memang sangat mengganggu atau yang disebut gulma. jadi untuk tanaman hias yang memang ditanam untuk hiasan atau pelindung tanah memang tidak mengganggu tanaman hias lainnya dan mempunyai bentuk yang indah dan artistik.

Jadi anda jangan sampai menanam tumbuhan pengganggu atau tidak disukai yang dapat berfungsi sebagai penutup tanah atau pelindung tanah terhadap ancaman erosi. Tumbuh-tumbuhan itu tidak disukai karena sifat-sifatnya yang merugikan tanaman pokok dan sulit diberantas atau dibersihkan  dari lahan usaha pertanian :

Imperata cylindrica, Panicum repens (lampuyangan), Leersia hexandra (kalamento), Saccharum spontaneum (gelagah), Anastrophus compressus dan Paspalum compressum (tumput pahit).
Demikian ulasan dari kami tentang Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman


Sekian ulasan tulisan sederhana kami tentang Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman

Terima kasih telah bersedia meluangkan waktu untuk membaca artikel kami Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman kali ini, Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung lagi pada kesempatan dan postingan artikel berikutnya.

Anda sekarang membaca artikel Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman dengan alamat link http://tukangtamandituban.blogspot.com/2016/02/tanaman-penutup-tanah-untuk-taman.html

0 Response to "Tanaman Penutup Tanah Untuk Taman"

Posting Komentar

Kantor Marketing : Jl. Jemur Sari No.86 Surabaya Work Shop : Desa Wanar Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Jawa Timur 0812 1404 5463